Penerapan Constructivist Learning Approach Untuk Meningkatkan Respon Siswa Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 23 Ujung Gurun

Filia, Filia (2019) Penerapan Constructivist Learning Approach Untuk Meningkatkan Respon Siswa Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 23 Ujung Gurun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_FILIA_16124025_6728_2019.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disebabkan oleh tidak banyaknya siswa yang mau bertanya, menanggapi dan mengemukakan gagasan dalam proses pengajaran pelajaran IPA. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan Constructivist Learning Approach. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan peningkatan respon siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 23 Ujung Gurun Padang dengan menerapkan Constructivist Learning Approach. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 Orang. Data penelitian diperoleh dari respon belajar dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan respon belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 11.65%. Dan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 10.25%. Dapat disimpulkan bahwa Constructivist Learning Approach dapat meningkatkan respon belajar siswa dan hasil belajar siswa. Sehingga Constructivist Learning Approach dapat membangun pemahaman baru bagi siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:32
Last Modified: 23 Dec 2021 03:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35915

Actions (login required)

View Item View Item