Penerapan Metode Total Opportunity Cost Matrix-Sum Approach (TOCM-Sum Approach) dalam Mengoptimalkan Biaya Transportasi (Studi Kasus: PT. Ciomas Adisatwa Padang)

Melisa, Melisa (2021) Penerapan Metode Total Opportunity Cost Matrix-Sum Approach (TOCM-Sum Approach) dalam Mengoptimalkan Biaya Transportasi (Studi Kasus: PT. Ciomas Adisatwa Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MELISA_17030073_5303_2021.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam hal pengangkutan produk sering terjadi dalam sebuah perusahaan. Dari banyak faktor dalam sebuah perusahaan untuk memaksimalkan keuntungannya, salah satunya adalah kemampuan untuk mengirimkan produk tepat waktu dengan biaya transportasi yang rendah. PT. Ciomas Adisatwa Padang mendistribusikan produknya ke sekitar wilayah depo dan mengeluarkan dana yang cukup besar. Jika biaya transportasi yang dikeluarkan besar maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang kecil sehingga melalui metode transportasi perusahaan akan mendistribusikan produknya dengan lebih efisien dengan biaya yang rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui berapa hasil dari optimalisasi biaya transportasi di PT. Ciomas Adisatwa Padang dengan metode awal Total Opportunity Cost Matrix-Sum Approach dan metode akhir Stepping Stone sebagai uji optimalisasi. Pengoptimalan ini dilakukan dalam penelitian terapan yang menggunakan data sekunder yang berasal dari PT. Ciomas Adisatwa Padang pada bulan Juli 2021. Data yang digunakan adalah data jumlah persediaan produk, data permintaan produk dan data biaya transportasi dari gudang ke tempat tujuan pada bulan Juli 2021. Hasil perhitungan dengan metode Total Opportunity Cost Matrix-Sum Approach sebesar Rp. 8.677.366 dan Stepping Stone sebesar Rp. 8.030 974. Hasil perhitungan ini membuktikan bahwa biaya transportasi lebih optimal dari pada biaya yang diperhitungkan oleh perusahaan pada bulan Juli 2021 sebesar Rp. 10.283.417 maka perusahaan dapat menghemat biaya sebesar 21 % dari total biaya awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:32
Last Modified: 23 Dec 2021 03:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35913

Actions (login required)

View Item View Item