Pengembangan Local Instructional Theory (LIT)Topik KPK Dan FPB Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education Di Sekolah Dasar

Yulianti, Ditria (2019) Pengembangan Local Instructional Theory (LIT)Topik KPK Dan FPB Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education Di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_DITRIA_YULIANTI_17124083_677_2019.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran KPK dan FPB di Sekolah Dasar cenderung disajikan secara konvensional dan mekanistik, sehingga siswa mempelajari konseo secara kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Local Instructional Theory (LIT) KPK dan FPB berbasis RME untuk memberi pemahaman tentang materi KPK dan FPB serta mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research approach) tipe Gravemeijer dan Cobb yang terdiri dari tiga fase yaitu preparing for the experiment, experimenting in the classroom, dan conducting retrospective analyses. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 05 Air Tawar Barat, SDN 09 Air Tawar Barat, dan SDN 026 Air Tawar Timur. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, wawancara, observasi,dan catatan lapangan. Data dianalsiis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan LIT untuk topik KPK dan FPB dengan pendekatan RME yang dikembangkan berupa alur belajar yang memuat tujuan pembelajaran, aktivitas dan prediksi jawaban peserta didik yang diimplementasikan melalui RPP dan LKS. Dari penelitian ini telah dihasilkan LIT yang valid sesuai dengan prinsip dan karakteristik RME, Praktis dengan kriteria sangat praktis yaitu dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan dan efektif berdasarkan hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa yaitu kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan LIT lebih tinggi disbanding siswa menggunakan pembelajaran secara konvensional. Desain ini memuat hasil berupa LIT untuk pembelajaran KPK dan FPB, yaitu: menemukan kelipatan dan kelipatan persekutuan, menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK, menemukan faktor dan faktor persekutuan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan FPB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:18
Last Modified: 23 Dec 2021 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35906

Actions (login required)

View Item View Item