Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka di Provinsi Sumatera Barat Menggunakan Analisis Regresi Data Panel

Wahyuni, Melia (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka di Provinsi Sumatera Barat Menggunakan Analisis Regresi Data Panel. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_MELIA_WAHYUNI_18037044_ 4405_2021.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Tingkat pengangguran merupakan salah satu kunci dari tingkat perekonomian suatu negara. Pengangguran terbuka merupakan tenaga kerja yang tidak mempunyai pekerjaan dan telah berusaha mencari pekerjaan secara maksimal sementara lapangan kerja tidak tersedia. Tingkat pengangguran terbuka menunjukkan persentase dari angkatan kerja yang tidak bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model regresi data panel dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Sumatera Barat. J enis penelitian ini adalah penelitian terapan. J enis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari hasil publikasi lembaga resmi pemerintah yaitu Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat. Data yang digunakan pada penelitian ini diambil dari tahun 2015-2020. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel dependen (Y) yaitu tingkat pengangguran terbuka dan variabel independennya (X) adalah produk domestik regional bruto (PDRB), jumlah penduduk, pendidikan, dan upah rmmmum. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan model terbaik yaitu Fixed Effect Model (FEM) dengan bentuk Y = 5,47 - 4,Sse-7X1 + 3,86e-7X2. Dengan demikian faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Sumatera Barat adalah PDRB (X1) dan jumlah penduduk (X2). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh PDRB terhadap tingkat pengangguran terbuka berpengaruh negatif dengan besar koefisien 4,Sse-7. Pengaruh jumlah penduduk terhadap tingkat pengangguran terbuka berpengaruh positif dengan besar koefisien 3,86e-7.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:18
Last Modified: 23 Dec 2021 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35904

Actions (login required)

View Item View Item