Pengembangan Bahan Ajar Literasi Membaca Berbasis Strategi the Big Questions and Bookmark Organizers untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Chandra, Chandra (2019) Pengembangan Bahan Ajar Literasi Membaca Berbasis Strategi the Big Questions and Bookmark Organizers untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_CHANDRA_15124011_15124011_935_2019.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Keterampilan guru dalam mengembangkan bahan ajar literasi membaca yang efektif sangat penting untuk membimbing peserta didik memahami isi bacaan dan memiliki sikap positif. Namun, belum semua guru mampu membuat bahan ajar literasi membaca, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan. Mengatasi permasalahan kesulitan peserta didik, diperlukan solusi berupa pengembangan bahan ajar literasi membaca berbasis strategi BQBO untuk SD. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar literasi membaca berbasis strategi BQBO di kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Model Plomp yang digunakan menghasilkan desain prototype dengan self evaluation, dan expert review evaluation oleh 3 ahli. Prototype diujicoba dengan metode one to one evaluation pada peserta didik SD Negeri 46 Kuranji. Hasil evaluasi dilanjutkan dengan ujicoba dengan metode small group dan fielt test evaluation di kelas IV SD Negeri 06 Padang Besi untuk mengetahui praktikalitas. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas dilakukan ujicoba dengan metode fielt test evaluation di SD Negeri 01 Sawahan. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar diperoleh tingkat validitas 3,82 dengan kategori sangat valid. Ujicoba dengan metode one to one, small group, dan fielt test evaluation diketahui bahwa tingkat praktikalitas 95,25% berada pada kategori sangat praktis. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon peserta didik dan guru, dan hasil wawancara. Selanjutnya, dari hasil aktivitas peserta didik, perolehan nilai keterampilan membaca, penanaman sikap, dan tes keterampilan berpikir kritis, bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan sudah efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar literasi membaca strategi BQBO di kelas IV SD telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:11
Last Modified: 23 Dec 2021 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35899

Actions (login required)

View Item View Item