Pengembangan Structured Essay Diagnostic Test Of Chemistry (SEDToC) pada Materi Asam Basa sebagai Instrumen Analisis Hasil Belajar Peserta Didik

Nurmaya, Nurmaya (2021) Pengembangan Structured Essay Diagnostic Test Of Chemistry (SEDToC) pada Materi Asam Basa sebagai Instrumen Analisis Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_NURMAYA_17035033_4404_2021.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi dalam suatu materi yang dialami oleh peserta didik akan berimbas pada kesulitan belajar pada materi yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC) yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi, materi penghambat dan analisis hasil belajar peserta didik pada materi Asam-Basa yang memenuhi kriteria yang baik dari segi validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Prosedur penelitian terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap penentuan isi, tahap mendapatkan informasi tentang miskonsepsi yang dialami peserta didik dan tahap mengembangkan instrumen tes SEDToC. Instrument tes di validasi oleh 5 orang ahli kimia. Hasil penelitian menunjukkan instrument tes Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC) pada materi Asam-Basa untuk siswa SMA yang dikembangkan telah valid secara konten dan memiliki reliabilitas yang tinggi sebesar 0,76. Instrumen tes diuji cobakan kepada peserta didik kelas XI IPA di SMAN 12 Padang sebanyak 20 peserta didik. Analisis indeks kesukaran instrument tes SEDToC diperoleh bahwa sebanyak 36 soal dengan kategori mudah, 13 soal dengan kategori sedang dan 10 soal dengan kategori sukar. Analisis dari segi daya beda soal didapatkan sebanyak 18 soal dengan kategori jelek, 18 soal dengan kategori cukup, 20 soal dengan kategori baik dan 3 soal dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan instrumen tes Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC) pada materi Asam Basa membuktikan bahwa instrumen tes SEDToC dapat mengindentifikasi miskonsepsi, materi penghambat dan analisis hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Dec 2021 07:14
Last Modified: 22 Dec 2021 07:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35881

Actions (login required)

View Item View Item