Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe NumberedHead Together di Kelas IV SD Negeri 06 Padang Sawah Kabupaten Pasaman

Gusti, Nola (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe NumberedHead Together di Kelas IV SD Negeri 06 Padang Sawah Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_NOLA_GUSTI_4840_17129241_2021.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan-kenyataan dilapangan yang menunjukkan rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dikelas IV SD Negeri 06 Padang Sawah. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang belum bervariasi dan inovatif, pembelajaran masih didominasi oleh guru dan peserta didik cenderung pasif dan tampak tidak bersemangat dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di kelas IV SD negeri 06 Padang Sawah Kabupaten Pasaman.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 06 Padang Sawah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualititatif dan kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdiri dari dua pertemuan sedangkan siklus dua terdiri dari satu pertemuan. Prosedur penelitian yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru sebagai observer, peneliti sebagi praktisi, dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 20 orang terdiri dari 11 orang peserta didik laki-laki dan 9 orang peserta didik perempuan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil penilaian RPP, pelaksanaan pembelajaran aspek guru, pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together. Teknik pengumpulan data yang dihuanakn adalah dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes.Hasil Penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II.. Persentase rata-rata hasil penilaian RPP siklus I 75% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II 90,6% dengan kualifikasi baik (B). Pada hasil pengamatanaspek guru siklus I rata-rata 76,56% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II 87,5% dengan kualifikasi baik (B). Pada hasil Pengamatan aspek peserta didik siklus I rata-rata 76,56% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II 87,5% dengan kualifikasi baik (B). Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 72,2 dengan kualifikasi cukup (C) sedangkan pada siklus II 84,2 dengankualifikasi baik (B).Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengam model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar peseerta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 06 Padang Sawah Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Peserta Didik, Tematik Terpadu, Numbered Head Togethe
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Dec 2021 01:03
Last Modified: 22 Dec 2021 01:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35869

Actions (login required)

View Item View Item