Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 11 Batang Anai Padang Pariaman

Julianti, Monica (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 11 Batang Anai Padang Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_MONICA_JULIANTI_1888_17129233_2021.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media pembelajaran yang belum dikembangkan dan guru lebih sering menggunakan buku paket serta belum ada digunakan media pembelajaran bebasis android. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 11 Batang Anai Padang Pariaman yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996). Model pengembangan ADDIE memiliki 5 tahap yakni, analysis (analisis), design (perancangan), development(pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media (desain dan kegrafikan). Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik yang terdiri dari 26 peserta didik di kelas IV SDN 11 Batang Anai. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh rata-rata tingkat validitas dengan persentase 86,42 % kategori valid. Sementara itu hasil dari angket respon guru dan peserta didik diperoleh tingkak kepraktisan sangat praktis, dengan hasil angket respon guru memperoleh persentase kepraktisan 100% dan hasil angket respon peserta didik memperoleh persentase kepraktisan 94,87%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran berbasis android, Powerpoint Ispring Suite 9, model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Dec 2021 01:03
Last Modified: 22 Dec 2021 01:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35866

Actions (login required)

View Item View Item