Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Metode Diskusi di Kelas V SD Muhammadiyah Fullday Sarilamak

Oktriani, Meza (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Metode Diskusi di Kelas V SD Muhammadiyah Fullday Sarilamak. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_MEZA_OKTRIANI_5181_16129067_2021.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi yakni belum maksimalnya hasil pembelajaran siswa dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan rancangan pelaksanaan pembelajaran yang dibuat guru kurang mengembangkan metode diskusi yang dapat membangkitkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan metode diskusi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari dua pertemuan, dan siklus II terdiri dari satu pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V2 yang berjumlah 22 siswa. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan Instrumen penilaian, observasi, tes dan non tes.Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada: a) RPP : yaitu siklus I 86,11 % (Baik) dan siklus II 94,44 % (Sangat Baik). b) Aktivitas guru siklus 1 84,72 % (Baik) dan siklus II 94,44 % (Sangat Baik). c) Hasil belajar siswa siklus 1 79,55 % dan siklus II 90,91 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tematik terpadu, metode diskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Dec 2021 01:02
Last Modified: 22 Dec 2021 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35863

Actions (login required)

View Item View Item