Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Roleplaying di Kelas IV SD Negeri 04 Timbulun Kabupaten Solok Selatan

Indriani, Mella (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Roleplaying di Kelas IV SD Negeri 04 Timbulun Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_MELLA_INDRIANI_4586_16129446_2021.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah, dalam penyusunan perencanaan pembelajaran, kegiatan yang disusun guru belum sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan saat proses pembelajaran, pembelajaran kurang menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan siswa salah satunya belum menggunakan model pembelajaran bermain peran sehingga pada pembelajaran masih terkesan konvensional, dan penilaian dalam pembelajaran cendrung kepada pengetahuan sedangkan untuk sikap dan keterampilan kurang terlihat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Roleplaying di Kelas IV SD Negeri 04 Timbulun. . aaaa Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 04 Timbulun dengan jumlah 20 orang siswa. . dddd Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 86,11% (baik) dan siklus II 94,44% (Sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 82,95% (baik) dan siklus II 93,18% (Sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 82,95% (baik), dan siklus II 93,18% (Sangat baik), c) Penilaian terhadap siswa pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 73,12 (B-) dan siklus II dengan rata-rata 82,03 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Roleplaying dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Roleplaying, Model Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Dec 2021 01:02
Last Modified: 22 Dec 2021 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35862

Actions (login required)

View Item View Item