Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Di Kelas IV SD.

Suci, Laksmi Nurul (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_LAKSMI_NURUL_SUCI_5189_17129345_2021.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam menghadapi tantangan era abad 21. Era abad 21 merupakan era globalisasi, dimana teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang sehingga memicu kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini ini sangat mempengaruhi peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi karna kurangnyapenggunaan media pada saat proses pembembelajaran, terlebih lagi penggunaan media berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Lectora Insipre dikelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan4-D. Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahap dalam pengembangannya, yaitu Define( pendefenisian), Desaign (perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebarluasan). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon dan lembar evaluasi. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli media. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 19 orang peserta didik yang terdiri dari 9 perempuan dan 10 laki-laki di kelas IV SDN 27 Limau Asam. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 87,5% untuk media, untuk materi 90,625%, dan untuk bahasa 81,25% dengan kategori valid. Hasil angket respon guru dan peserta didik adalah media pembelajaran telah sangat praktis dan hasil angket respon guru dengan presentase kepraktisan 89,28%, sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan presentase kepraktisan 87,78%. Hasil efektivitas media pembelajaran menunjukan hasil yang sangat efektif dengan presentase peningkatan hasil belajar peserta didik dan ketuntasan sebanyak 84,21% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD telah dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Lectora Inspire, 4-D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Dec 2021 01:01
Last Modified: 22 Dec 2021 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35856

Actions (login required)

View Item View Item