Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas IV SD Negeri 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi

Nakita, Kurnia (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas IV SD Negeri 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_KURNIA_NAKITA_2249_17129150_2021.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang terlihat kurang aktif dalam proses pembelajaran, masih banyak peserta didik yang pasif dimana saat ditanya guru peserta didik hanya diam saja dan tidak mau bertanya meskipun sebenarnya belum memahami apa yang disampaikan guru karena belum memiliki wawasan yang luas, rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu, beberapa peserta didik masih sibuk dengan urusan sendiri dan tidak memperhatikan guru saat menjelaskan di depan kelas, dan didalam proses pembelajaran peserta didik kurang menghargai pendapat temanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas IV SD Negeri 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi yang meliputi, a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi dengan jumlah 24 orang peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 86,10% (baik) dan siklus II 94,44% (Sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 88,15% (baik) dan siklus II 97,36% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 89,46% (baik) dan siklus II 94,73% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 78 dan siklus II dengan rata-rata 84. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Dec 2021 01:01
Last Modified: 22 Dec 2021 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35854

Actions (login required)

View Item View Item