Kontribusi Gaya Kepengikutan dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Danau Kerinci Kabupaten Kerinci

Saputra, Andra (2019) Kontribusi Gaya Kepengikutan dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Danau Kerinci Kabupaten Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ANDRA_SAPUTRA_15147019_5741_2019.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Danau Kerinci yang menunjukkan masih rendahnya kinerja guru. Terlihat beberapa masalah diantaranya (1) disiplin kehadiran guru (2) tidak membuat perangkat pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru, diantaranya gaya kepengikutan dan kecerdasan emosional guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kontribusi gaya kepengikutan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Danau Kerinci, (2) kontribusi kecerdasan emosional terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Danau Kerinci, dan (3) kontribusi gaya kepengikutan dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Danau Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang akan mengungkapkan dan mengetahui kontribusi antara dua variabel dengan mengukur koefisien dan signifikansi. Populasi semua guru pegawai Negri sipil Sekolah Dasar di Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci sebanyak 140 guru, sampel diambil dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menemui subjek penelitian dan membagikan angket yang sudah di uji coba. Analisis data diolah dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi menggunakan bantuan program SPSS versi 20. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) gaya kepengikutan memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Danau Kerinci sebesar 6,3%. (2) kecerdasan emosional memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Danau Kerinci sebesar 8,6%. (3) gaya kepengikutan dan kecerdasan emosional memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Danau Kerinci sebesar 13,9%. Dari hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima secara empiris dan variabel gaya kepengikutan dan kecerdasan emosional merupakan dua faktor yang berkontribusi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Danau Kerinci, sisanya 86,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:00
Last Modified: 21 Dec 2021 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35839

Actions (login required)

View Item View Item