Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI Selama Pembelajaran Daring di SMAN 2 Solok Selatan

Putri, Pezzy Eka (2021) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI Selama Pembelajaran Daring di SMAN 2 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_PEZZY_EKA_PUTRI_17031033_ 3055_2021.pdf

Download (762kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia pada tahun 2019 sampai sekarang memberikan dampak yang sangat besar terhadap sektor kehidupan salah satunya pendidikan. Berbagai permasalah muncul akibat pandemi Covid-19 salah satunya adalah kualitas pendidikan, karena pemerintah menekan laju penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan kebijakan social distancing atau menjaga jarak sehingga metode pembelajaran yang digunakan pembelajaran daring. Masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar adalah motivasi. Hasil observasi di SMAN 2 Solok Selatan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik selama pembelajaran daring pada mata pelajaran Biologi masih tergolong kurang baik. Hal ini dilihat dari hasil wawancara dengan guru Biologi dan penyebaran angket kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI selama pembelajaran daring di SMAN 2 Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 2 Solok Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian berjumlah 56 orang dengan teknik saturation sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik termasuk kategori cukup dengan rata-rata 68 dan 58, 86. Adanya korelasi positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI selama pembelajaran daring dengan nirai r= 0, 301 yang termasuk kategori rendah; koefisien nilai 1hitung yaitu 2, 3226 lebih besar dari pada koefisien 1tabel yaitu 1, 67356. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI selama pembelajaran daring di SMAN 2 Solok Selatan. Besamya kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar selama pembelajaran daring sebesar 9% dan 91 % dipengaruhi oleh faktor diluar motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:00
Last Modified: 21 Dec 2021 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35834

Actions (login required)

View Item View Item