Pembuatan LKS Berorientasi Keterampilan 4C Menggunakan Model Problem Solving PadaMateri HakikatFisika, Prosedur Ilmiah dan Materi Pengukuran Kelas X SMA

Ilvia, Restu Harsya (2021) Pembuatan LKS Berorientasi Keterampilan 4C Menggunakan Model Problem Solving PadaMateri HakikatFisika, Prosedur Ilmiah dan Materi Pengukuran Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RESTU_HARSYA_ILVIA_15033078_3609_2021.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada abad 21 menuntut peerta didik memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi yaitu keterampilan 4C ( Creative Thinking, Critical Thinking, Communication Thinking and Colaboration). Keterampilan 4C yang dimiliki siswa dapat berkembang dengan baik apabila dilatih oleh guru dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dapat menyesuaikan perkembangan keterampilan tersebut seperti LKS. Selain itu, LKS juga dapat dikembangkan melalui model pembelajaran yang digunakan guru salah satunya Problem Solving Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMAN 2 Sumatera Barat dapat diketehui bahwa di sekolah tersebut sudah menggunakan LKS yang isinya memuat keterampilan 4C, tetapi tidak terdapat model problem solving di dalam LKS tersebut. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan pembuatan LKS berbasis Problem Solving bermuatan keterampilan 4C pada materi Hakikat Ilmu Fisika, Prosedur Ilmiah dan Pengukuran yang valid untuk digunakan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D (Define, Desain, Development and Disseminate). Penelitian ini dimulai dari tahap menemukan masalah (Define) yang dilakukan melalui observasi kelapangan yaitu ke SMAN 2 Sumatera Barat. Tahap berikutnya adalah merancang bentuk produk yaitu LKS berorientasi 4C dengan model Problem Solving pada materi Hakikat Ilmu Fisika, Produr Ilmiah dan Pengukuran. Tahap berikutnya adalah melakukan pengembangan produk bentuknyaLKS. Selanjutnya, produk diuji tingkat validitas nya oleh dosen 3 orang dosen Fisika UNP yang ahli dibidangnya. Melalui penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh produk berupa LKS berbasis Problem Solving bermuatan keterampilan 4C pada materi Hakikat Ilmu Fisika, Prosedur Ilmiah dan Pengukuran kelas X SMA/MA. Nilai rata-rata keseluruhan hasil validasi adalah 82,69% dengan kategori sangat valid. Hasil diperoleh dikarenakan LKS yang dikembangkan sudah sesuai dengan aturan penulisan yang ditetapkan oleh depdiknas dan dari aspek kelengkapan isi, penyajian, kebahasaan dan penyajian sudah memenuhi syarat kelayakan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Dec 2021 00:59
Last Modified: 21 Dec 2021 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35829

Actions (login required)

View Item View Item