Pengembangan Audio Smartwatch Picture Description dalam Mengenal Gambar Objek Tunggal Bagi Tunanetra (Research & Development

Reza, Gusua (2022) Pengembangan Audio Smartwatch Picture Description dalam Mengenal Gambar Objek Tunggal Bagi Tunanetra (Research & Development. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_GUSUA_REZA_18003097_2286_2022.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan teknologi adaptif dan asistif audio smartwatch picture description bagi penyandang disabilitas netra yang mengalami keterbatasan dalam memperoleh informasi berupa gambar.Sehingga tujuan penelitian ini, untuk melakukan validasi internal terhadap pengembangan Audio Smartwatch Picture Description dalam mengenal gambar objek tunggal bagi penyandang disabilitas netra. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan langkah-langkah penelitian berdasarkan teori Borg &Gall (1989) yang terdiri dari sepuluh langkah. Karena keterbatasan waktu peneliti melaksanakan tahapan penelitian level satu yang terdiri dari lima langkah penelitian. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu tiga orang validator ahli yang terdiri dari validator ahli desain adalah dosen teknik, vahlidator ahli anak berkebutuhan khusus adalah dosen pendidikan luar biasa dan validator praktisi merupakan guru pendamping khusus. Alat pengumpulan data menggunakan angket berupa instrumen yang telah divalidasi oleh ahli pendidikan luar biasa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif berupa data yang berbentuk tabel nominal dengan penilaian menggunakan skala likert. Hasil analisis data diolah menggunakan perhitungan presentase. Hasil analisis data dalam penelitian ini berdasarkan uji validasi tiga ahli memperoleh rata-rata presentase penilaian 77,5% dengan kategori layak untuk di implementasikan. Uji desain yang terdiri dari aspek tampilan 75% dan aspek program memperoleh penilaian 75%. Berdasarkan uji kelayakan menurut validator ahli anak berkebutuhan khusus dan praktisi, presentase penilaian dari aspek kepraktisan memperoleh 77%, penilaian pada aspek kegunaan memperoleh 81% serta penilaian dari aspek kelayakan memperoleh 84%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TUNANETRA, TEKNOLOGI ADAPTIF , AUDIO SMARTWATCH
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:14
Last Modified: 16 Jun 2022 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35824

Actions (login required)

View Item View Item