Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika SMA

Yanto, Febri (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_FEBRI_YANTO_16169014_2278_2019 ok.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Peran kreativitas dalam pembelajaran paling sering dikaitkan dengan aktivitas pemecahan masalah, yang berarti kreativitas diukur dengan kemampuan siswa untuk mendekati masalah dan bagaimana pemecahan masalah tersebut. Peimplementasian model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran fisika SMA belum sepenuhnya dapat dilaksanakan oleh guru, sehingga keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa belum terstimulasi secara optimal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis masalah untuk menstimulasi peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran fisika SMA. Pengembangan model pembelajaran ini dilaksanakan menggunakan model ADDIE ( analyze, design, develope, implementation dan evaluate). untuk Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, angket dan lembar soal. Produk divalidasi oleh pakar dan diujicobakan pada siswa kelas X SMA Kota Padang yang telah menerapkan kurikulum 2013 tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan Data kuantitatif diperoleh melalui angket dan lembar tes. Data kualitatif didapatkanmelalui observasi, tanggapan beserta saran perbaikan yang diberikan secara tertulis. Praktikalitas model pembelajaran ditentukan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran, respon guru dan respon siswa. Sedangkan efektivitas model pembelajaran ditentukan dari aktivitas siswa , keterampilan pemecahan masalah dan aspek pengetahuan. Data keterlaksanaan pembelajaran dan efektifitas produk diperoleh melalui penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control –group pretes-posttes design. Uji coba terbatas dilakukan di SMA 9 Padang. Uji coba diperluas dilakukan di SMA 8 dan SMA 9 padang. Data validitas, praktikalitas serta aktifitas di analisis menggunakan formula cohen’s kappa dan persentase. Data peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan aspek pengetahuan dianalisis dengan uji t test menggunakan bantuan SPSS. Dari hasil penelitian ini diperoleh suatu model pembelajaran berbasis masalah untuk pembelajaran fisika yang disingkat dengan model PBM-PF. Temuan penelitian menunjukan bahwa model ini dapat menstimulasi peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran fisika di SMA. Oleh karena itu berdasarkan temuan ini direkomendasikan kepada guru-guru dan calon guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran Fisika di SMA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Dec 2021 00:54
Last Modified: 20 Dec 2021 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35822

Actions (login required)

View Item View Item