Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) tentang Materi Virus untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA

Khairini, Ridha (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) tentang Materi Virus untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RIDHA_KHAIRINI_17031179_3958_2021.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru dapat menggunakan media pembelajaran untuk membantu peserta didik memahami informasi yang akan disampaikan. Hasil observasi di sekolah, diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran masih belum bervariasi, peserta didik hanya dibekali dengan buku teks sehingga peserta didik kurang memiliki motivasi dalam pembelajaran. Penggunaan android sebagai media pembelajaran merupakan salah satu altematif yang dapat meningkatkan prestasi kognitif dan meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Maka dikembangkanlah media pembelajaran interaktif berbentuk APK untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan IDI, meliputi tahap define, develop dan evaluate. Media pembelajaran interaktif berbentuk APK tentang materi virus divalidasi oleh 2 orang dosen dari Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru biologi di SMAN 8 Padang. Selanjutnya dilakukan uji untuk mengctahui tingkat kepraktisan media pembclajaran interaktifberbentuk APK oleh guru dan peserta didik. Uji validitas dan uji praktikalitas dilakukan dengan cara mengisi angket validitas oleh validator dan angket praktikalitas oleh guru beserta peserta didik. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pcmbelajaran berbentuk APK tentang materi virus untuk peserta didik kelas X SMA/MA dengan rata-rata uji validitas 86,41 % dan uji praktikalitas 90,17%. sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembclajaran yang sudah dikembangkan valid dan sangat praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:21
Last Modified: 17 Dec 2021 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35814

Actions (login required)

View Item View Item