Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint lnteraktif Berbasis lnkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X SMA/MA

Nasution, Siti Aisyah (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint lnteraktif Berbasis lnkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_SITI_AISYAH_NASUTION_15035043_4201_2021.pdf

Download (554kB) | Preview

Abstract

Larutan elektrolit dan nonelektrolit merupakan salah satu materi dalam kimia SMA/MA kelas X. Materi larutan elektrolit dan non dapat dipahami dengan baik melalui representasi makroskopik, submikroskopik, dan simboliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoin tinteraktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X SMA/MA yang sesuai dengan karakteristik materi dan tuntutan kurikulum 2013. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan model 4-D (define, design, develop, dan diseminatei. Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop.Pengujian validitas dan praktikalitas media pembelajaran powerpointinteraktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit menggunakan instrumen berupa angket. Subjek uji validitas media pembelajara powerpoint interaktif ini adalah tiga orang dosen jurusan kimia dan dua orang guru kimia MAN. Subjek uji praktikalitas media pembelajaran powerpoint interaktif ini adalah dua orang guru kimia MAN 5 dan dua puluh orang siswa MAN 5 Mandailing Natal. Data yang diperoleh dari angket diolah menggunakan momen kappa untuk memperoleh nilai k setiap item uji validitas dan praktikalitas. Media pembelajaran interaktif larutan elektrolit dan nonelektrolit yang dihasilkan pada penelitian ini memiliki nilai kkevalidan 0,86 dan kepraktisan oleh guru dan siswa memperoleh nilai k0,895 dan 0,89, dengan kriteria kevalidan dan kepraktisan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:21
Last Modified: 17 Dec 2021 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35809

Actions (login required)

View Item View Item