Pengaruh latihan HIIT (High Intensity Interval Training) terhadap Daya Tahan Anaerobik Atlet Yayasan Simphony Badantiang Agam Basketball Club

Tribuana, Mhd Roland (2021) Pengaruh latihan HIIT (High Intensity Interval Training) terhadap Daya Tahan Anaerobik Atlet Yayasan Simphony Badantiang Agam Basketball Club. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MHD_ROLAND_TRIBUANA_17087234_4318_2021.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan saat melakukan observasi adalah kurangnya daya tahan atlet putra yang menyebabkan arahan serta strategi yang diberikan pelatih tidak maksimal.Variabel dalam penelitian ini adalah latihan HIIT sebagai variabel bebas dan daya tahan anaerobik sebagai variabel terikat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh latihan HIIT terhadap daya tahan anaerobik atlet Bolabasket. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain One Group Pre-test-Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet Putra yang latihan di klub YSBA-AGGRESSIVE BC berjumlah 40 orang. Sampel penelitian berjumlah 13 orang atlet putra yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan uji RAST (Running based Anaerobic Sprint Test) dengan mengambil indeks kelelahannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan α = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa latihan HIIT memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan daya tahan anaerobik atlet YSBA-AGGRESSIVE BC, dan dibuktikan dengan memperoleh thitung 3,06 sedangkan ttabel sebesar 1,782 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 13, maka thitung >ttabel (3,06>1,782).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DAYA TAHAN ANAEROBIK
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:21
Last Modified: 17 Dec 2021 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35805

Actions (login required)

View Item View Item