Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA dalam Mempelajari Olahraga Lompat Jauh SMA Pertiwi 1 Padang Kecamatan Padang Utara di Masa Pandemi

Jawantah, Jaka Alqoidah (2021) Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA dalam Mempelajari Olahraga Lompat Jauh SMA Pertiwi 1 Padang Kecamatan Padang Utara di Masa Pandemi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_JAKA_ALQOIDAH_JAWANTAH_17086415_4966_2021.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam judul ini yaitu pada saat pembelajaran dan ketika melakukan lompat jauh masih banyak yang kurang melakukan loncatan dengan maksimal. Sehingga perkembangan dan pembinaan pendidikan jasmani di SMA Pertiwi 1 Padang Kecamatan Padang Utara belumlah lagi sesuai dengan harapan.Sehubungan dengan hal itu maka, peneliti ingin mengetahui bagaimana dengan tingkat motivasi yang dimiliki oleh murid-murid kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang Kecamatan Padang Utara dalam mempelajari olahraga lompat jauh. Jenis penelitian ini deskriptif bertujuan untuk menggambarkan tentang Motivasi Siswa Kelas XI MIPA Terhadap Olahraga Lompat Jauh SMA Pertiwi 1 Padang Kecamatan Padang Utara. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu : (1) Variabel Bebas (Independen Variable), Menurut Sugiyono (2015: 39) Variabel bebas adalah merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen. (2) Variabel Terikat (Dependen Variable), Menurut Sugiyono (2004: 33) merupakan variabel yang mendapatkan pengaruh dari data karena adanya variabel bebas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra/putri Kelas XI MIPASMA Pertiwi 1 Padang Kecamatan Padang Utara yang sudah diajarkan lompat jauh. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik total sampling dimana sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 103 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket instrument penelitian menggunakan skala Likert, dengan 5alternatif jawaban teknik analisis data menggunakan persentase. Jadi Dari analisis data yang dilakukan diperoleh hasil : Dalam kategori “Sangat Setuju” 9,7% (10 orang), “Setuju” 20,3 % (21 orang), “Ragu-ragu” 45,7% (47 orang), “Tidak Setuju” 21,4% (22 orang), dan “Sangat Tidak Setuju” 2,9% (3 orang). Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI MIPA dalam mempelajari olahraga lompat jauh di SMA Pertiwi 1 Padang Kecamatan Padang Utara dalam kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Dec 2021 01:41
Last Modified: 17 Dec 2021 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35802

Actions (login required)

View Item View Item