Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus Baruah Gunuang

Maryunda, Hana (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus Baruah Gunuang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_HANA_MARYUNDA_2635_17129334_2021.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan matematika peserta didik di Indonesia yang masih memprihatinkan, salah satunya ditandai oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pada tema 7 (indahnya keberagaman negeriku) subtema 2 (indahnya keberagaman budaya di negeriku) pembelajaran 3 di Kelas 4 SDN Gugus Baruah Gunuang?”Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN Gugus Baruah Gunuang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denganmetode eksperimen dan desain true eksperimen dengan bentuk pretset-postest control group desaign. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampling cluster random sampling dengan sampel yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 31 orang dengan populasi sebanyak 82 orang. Perlakuan yang peneliti berikan kepada kelas eksperimen bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes objektif dengan bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Post-test kelas Eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning adalah 84,038 dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 77,778 Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar dengan model Problem Based Learning berpengaruh dibandingkan pembelajaan konvensional. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung 1,766 danttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,680 sehingga thitung > ttabel 1,6991.Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:01
Last Modified: 16 Dec 2021 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35796

Actions (login required)

View Item View Item