Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 08 Baringin Kabupaten Agam

Audia, Dira (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 08 Baringin Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_DIRA_AUDIA_3182_17129021_2021.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah, dalam kegiatan pembelajaran terpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif, dan guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (pbl) di Sekolah Dasar.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki tahapan a) perencanan; b) pelaksanaan; c) pengamatan; d) refleksi dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan non tes. Untuk mengetahui keberhasilan rencana pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar diukur dengan lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran aspek guru dan siswa, serta hasil berupa soal-soal evaluasi.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 77,77% (C) dan siklus II 94,44% (AB), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 85,71% (B) dan siklus II 92,85% (AB), sedangkan pelaksanaan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 83,92% (B), dan siklus II 92,85% (AB), c) Penilaian terhadap siswa dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 75,83 (C) dan siklus II dengan rata-rata 86,15(B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Problem Based Learning (Pbl)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:00
Last Modified: 16 Dec 2021 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35794

Actions (login required)

View Item View Item