Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas V SD Negeri 04 Batu Putiah Agam

Ramadhan,, Denny (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas V SD Negeri 04 Batu Putiah Agam. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_DENNY_RAMADHAN_2634_17129201_2021.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 04 Batu Putiah siswa masih kurang memahami materi yang disampaikan guru karena guru terfokus menggunakan metode ceramah, siswa kesulitan menyatakan pendapatnya sehingga proses pembelajaran cenderung pasif, interaksi antar guru dengan siswa kurang terlihat karena gurukurang mengembangkan RPP, sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Kooperatif Tipe Jigsaw dikelas V SDN 04 Batu Putiah Agam.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian guru dan siswa kelas V dengan jumlah peserta didik 29 orang dan peneliti bersama teman sejawat berperan sebagai observer serta guru kelas sebagai praktisi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dan sumber data adalah RPP, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data adalah dokumen analisis, observasi, dan tes. Instrumen penelitian adalah lembar penilaian RPP, lembar penilaian aktivitas guru, lembar penilaian aktivitas siswa.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan pembelajaran memperoleh kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 81,82 menjadi Sangat Baik (A) dengan rata-rata 95,95%, aktivitas guru dari prediket Baik (B) dengan rata-rata 81,25% menjadi Sangat Baik (A) dengan rata-rata 97,50%, aktivitas siswa dari prediket Baik (B) dengan rata-rata 81,25% menjadi Sangat Baik (A) dengan rata-rata 97,50%, serta pada aspek keterampilan dari prediket Cukup (C) dengan rata-rata 79,15 menjadi Sangat Baik (A) dengan rata-rata 91,16. Dengan demikian penelitian tindakan kelas dengan model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 04 Batu Putiah Kabupaten Agam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:02
Last Modified: 16 Dec 2021 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35793

Actions (login required)

View Item View Item