Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas IV SD Negeri 263 Aekholbung Kecamatan Batang Natal

Nasution, Asna Parisah (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas IV SD Negeri 263 Aekholbung Kecamatan Batang Natal. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_ASNAH_PARISAH_NASUTION_2587_15129054_2021.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan dalam proses pembelajaran kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di kelas IV SDN 263 Aekholbung yang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil belajar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SDN 263 Aekholbung dengan jumlah 20 orang siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus satu 2x pertemuan dan siklus dua 1x pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I pertemuan 1 84,09% (B) dan siklus I pertemuan II 88,63% (A-), dan siklus II 95,45%.b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I Pertemuan 1dengan rata-rata 77,77% (C) dan siklus I pertemuan II 88,88% (A-), dan siklus II 94,44% ,sedangkan pelaksanaan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 77,77 % (C), dan siklus I pertemuan II 88,88% (A-),Dan siklus II 94,44 % .Penilaian terhadap siswa dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I pertemuan I diperoleh dengan rata-rata 67,5% dan siklus I Pertemuan II dengan rata-rata 77,82%.D a n s i k l u s I 86,18%.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan dengan model Cooperative Learning tipe Make a match dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:57
Last Modified: 16 Dec 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35790

Actions (login required)

View Item View Item