Pengaruh Audit Delay, Opinion Shopping dan Financial Distress terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

Vianti, Kesi Okta (2021) Pengaruh Audit Delay, Opinion Shopping dan Financial Distress terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_KESI_OKTA_VIANTI_19043172_3414_2021.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh audit delay, opinion shopping, dan financial distress terhadap opini audit going concern pada perusahaan manufaktur. Variabel opini audit going concern merupakan variabel independen yang diukur menggunakan variabel dummy. Audit delay diukur dengan interval jumlah hari antara tanggal laporan keuangan yaitu 31 Desember sampai dengan tanggal dikeluarkannya laporan auditor. Opinion shopping diukur dengan menggunakan variabel dummy. Sedangkan Financial Distress diukur dengan model Altman. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2019. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 124 sampel. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari website www.idx.co.id. dan website terkait lainnya. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, audit delay tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. Kedua, opinion shopping juga tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. Ketiga, financial ditress berpengaruh signifikan positif terhadap opini audit going concern

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Audit Delay-Opinion Shopping
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:24
Last Modified: 15 Dec 2021 04:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35768

Actions (login required)

View Item View Item