Analisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Hidrolisis Garam Menggunakan Instrumen Three Tier Diagnostic Test di SMAN 2 Solok

Suca, Yami (2021) Analisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Hidrolisis Garam Menggunakan Instrumen Three Tier Diagnostic Test di SMAN 2 Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_YAMI_SUCA_15035128_4104_2021.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi merupakan ketidaksesuaian suatu konsep dengan pengertian ilmiah yang disetujui oleh para ahli. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami peserta didik pada materi hidrolisis garam. Data penelitian diperoleh melalui tes diagnostik three tier yang terdiri atas 21 butir soal. Peneliitan ini melibatkan sampel sebanyak 50 orang peserta didik kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 SMAN 2 Solok. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa secara umum peserta didik mengalami miskonsepsi dimana rata - rata miskonsepsi tersebut sebesar 35%. Persentase miskonsepsi peserta didik berdasarkan konsep adalah; konsep pengertian hidrolisis garam sebesar 58%, sifat garam yang terhidrolisis sebesar 29%, jenis - jenis hidrolisis garam sebesar 34%, menentukan pH hidrolisis garam sebesar 28%, dan menghitung pH hidrolisis garam sebesar 25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dalam materi hidrolisis garam peserta didik mengalami miskonsepsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Hidrolisis Garam
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:24
Last Modified: 15 Dec 2021 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35761

Actions (login required)

View Item View Item