Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI SMA/MA

Aprilia, Yurnalisa (2021) Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_YURNALISA_APRILIA_16035084_2619_2021.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa permainan ular tangga kimia berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi senyawa hidrokarbon serta menentukan tingkat validitas berdasarkan fungsi media. Jenis penelitian yang digunakan adalah education desain reaserch dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap investigasi awal (preliminary research), pembentukan konsep (prototyping stage), dan penilaian (assessment phase). Penelitian ini dibatasi sampai tahap prototyping stage yaitu tahap penilaian ahli (expert review). Instrument penelitian yang digunakan adalah angket validasi yang diberikan kepada dua orang dosen kimia UNP dan dua orang guru kimia SMAN 2 Sawahlunto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan penyebaran angket kemudian dianalisis menggunakan Aiken's V. Basil analisis data diperoleh bahwa permainan ular tangga kimia berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi senyawa hidrokarbon memiliki tingkat validitas sebesar 0,86 dengan kriteri valid. Basil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan ular tangga kimia yang dikembangkan sudah valid sebagai media pembelajaran pada materi senyawa hidrokarbon kelas XI SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Ular Tangga Kimia, Media Pembelajaran
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:23
Last Modified: 15 Dec 2021 08:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35759

Actions (login required)

View Item View Item