Pengaruh Latihan Quick Leap dan Depth Jump terhadap Kemampuan Daya Ledak Otot Tungkai Pemain Bolavoli Tunas Mekar Club Kota Pariaman

Azima MH, Muhammad Fauzan (2021) Pengaruh Latihan Quick Leap dan Depth Jump terhadap Kemampuan Daya Ledak Otot Tungkai Pemain Bolavoli Tunas Mekar Club Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MUHAMMAD_FAUZAN_AZIMA_MH_17089005_3192_2021.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini diduga rendahnya kemampuan daya ledak otot tungkai pemain Tunas Mekar. Untuk itu pemain bolavoli perlu dilatih terprogram dan berkelanjutan serta dengan prinsip-prinsip latihan yang mampu dilaksanakan oleh pemain tersebut baik secara baik secara teoris maupun praktis dalam pencapaian prestasi yang maksimal. Ada berbagai macam bentuk latihan yang dapat meningkatkan kemampuan daya ledak otot tungkai di antaranya latihan quick leap dan depth jump. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain Tunas Mekar yang berjumlah 25 orang. Sampel di ambil dengan teknik Purposive Sampling, sehingga sampel berjumlah 16 orang. Sebelum melakukan kegiatan eksperimen maka dilakukan pengelompokan sampel, dalam pengelompokan sampel di tentukan berdasarkan penyusunan peringkat atau rangking (ordinally matching pairing). Instrument penelitian ini menggunakan vertical jump test, dan teknik analisis data yang di pakai yaitu pengujian hipotesis uji t. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh hasil : (1) Setelah dilakukan uji hipotesis pre-test dan post-test latihan quickleap di dapat hasil analisis dengan kesimpulan Ho di tolak dan Ha diterima dengan nilai Thitung (9,38) > Ttabel (2,365). Jadi kesimpulannya yaitu “ Adanya terdapat pengaruh yang signifikan pada latihan quickleap terhadap kemampuan daya ledak otot tungkai pemain bolavoli Tunas Mekar”. (2) Setelah dilakukan uji hipotesis pre-test dan post-test latihan depth jump di dapat hasil anailisis dengan kesimpulan Ho di tolak dan Ha di terima dengan nilai Thitung (7,95) > Ttabel (2,365). Jadi kesimpulan yaitu “ Adanya terdapat pengaruh yang signifikan pada latihan depth jump terhadap kemampuan daya ledak otot tungkai pemain bolavoli Tunas Mekar”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Dec 2021 06:55
Last Modified: 14 Dec 2021 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35754

Actions (login required)

View Item View Item