Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Bahan Ajar pada Kompetensi Dasar Perdagangan Internasional dengan Menggunakan Media Berbasis Android

Husna, Hijratul (2021) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Bahan Ajar pada Kompetensi Dasar Perdagangan Internasional dengan Menggunakan Media Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HIJRATUL_HUSNA_17053094_5462_2021.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

COVID- 19 telah berdampak terhadap krisis kesehatan dan pendidikan. Dimana, kebijakan pemerintah mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online. Salah satu dampak yang dirasakan yaitu pada pembelajaran ekonomi pada materi perdagangan internasional yang memuat banyak materi, yang memungkinkan akan menciptakan pembelajaran yang membosankan jika masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan belum memanfaatkan media pembelajaran dengan baik. Untuk mengurangi kesulitan dalam belajar ekonomi terutama pada materi perdagangan internasional, salah satu upaya yang dilakukan untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis android. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research & Development). Model pengembangan yang dilakukan yaitu model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Yang mana penelitian ini dibatasi sampai tahap Development (Pengembangan). Objek penelitian ini adalah Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran dan Bahan ajar menggunakan media berbasis Android pada materi Perdagangan internasional kelas XI. Hasil dari pengembangan ini adalah: 1) Media pembelajaran berbasis android memuat fitur-fitur petunjuk penggunaan, RPP, KI, KD dan tujuan pembelajaran, Bahan ajar, video, soal, daftar pustaka, dan biodata. 2) tingkat kelayakan dari ahli RPP sebesar 90,36%, dari ahli materi sebesar 86,86%, dari ahli evaluasi sebesar 97,5% dan dari ahli media sebesar 95,29%, yang secara keseluruhan masuk kedalam kategori sangat valid, dan sangat layak untuk dikembangkan. 3) Hasil praktikalitas yang dilakukan dengan menyebar angket kepada guru ekonomi dan 10 orang siswa. Skor rata-rata yang diperoleh dari guru dengan persentase skor 90,24% dengan kategori sangat praktis dan skor rata-rata yang diperoleh dari siswa dengan persentase skor 86,08% dengan kategori sangat praktis. Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran dan bahan ajar pada kompetensi dasar perdagangan internasional dengan menggunakan media berbasis android dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam proses belajar dan mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran-Kompetensi Dasar Perdagangan Internasional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Dec 2021 06:54
Last Modified: 14 Dec 2021 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35749

Actions (login required)

View Item View Item