Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Di Kelas V SD Negeri 12 Ulakan Tapakis

Afnita, Afnita (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Di Kelas V SD Negeri 12 Ulakan Tapakis. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_AFNITA_2248_17129115_2021.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa guru kurang melatih peserta didik dalam mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik dikelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 12 Ulakan Tapakis dengan subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 10 orang. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester II Januari-Juni tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alur penelitian ini terdiri dari empat rangkaian kegiatan yaitu merencanakan kegiatan, melaksanakan pembelajaran, mengamati dan merefleksi. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa data kuantitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan non tes. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar tes dan lembar non tes. Tahap-tahap analisis data adalah mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 83,33% (B) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (SB). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 81,94% (B) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (SB). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas peserta didik rata-rata 79,16% (C) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 60,20 (C) meningkat pada siklus II menjadi 83,32 (A-). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, tematik terpadu, Contextual Teaching and Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:01
Last Modified: 14 Dec 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35743

Actions (login required)

View Item View Item