Motivasi Belajar Peserta Didik Menggunakan Aplikasi Google Classroom

Nurman, Septrina (2021) Motivasi Belajar Peserta Didik Menggunakan Aplikasi Google Classroom. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_05_SEPTRINA_NURMAN_5081_17006177_2021.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, pendidikan di Indonesia sedang mengalami hambatan akibat virus Corona atau Covid-19 sehingga proses pembelajaran dilakukan dengan sistem daring, media pembelajaran yang digunakan adalah aplikasi Google Classroom. Salah satu keberhasilan dalam pembelajaran daring terkait dengan motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Pada kenyataannya, proses pembelajaran tidak selalu berjalan efektif, seperti adanya peserta didik yang sering absensi di dalam kelas, lalai dalam mengumpulkan tugas, dan kurang semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail bagaimana kondisi objektif motivasi belajar peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 menggunakan aplikasi Google Classroom.Jenis penelitian ini adalah desktriptif dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 581 peserta didik SMAN 1 X Koto Singkarak. Teknik pengambilan sampelnya adalah Stratified Random Sampling dengan sampel 193 peserta didik SMAN 1 X Koto Singkarak. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dengan skala Likert dan data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik berada pada kategori tinggi dengan skor persentase yang berjumlah 50,78%. Hasil keseluruhan pengolahan data diketahui hasil distribusi skor terendah sebesar 54, tertinggi sebesar 153, untuk mean diperoleh sebesar 114,55 dan standar deviasi (SD) sebesar 17,64. Berdasarkan data dan hasil penelitian yang diperoleh, maka peneliti dapat memberikan beberapa saran, yaitu: guru BK disarankan membuat rencana terprogram untuk tetap meningkatkan penyesuaian diri pembelajaran daring dan memberikan layanan informasi tentang pentingnya motivasi belajar bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Google Classroom
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:01
Last Modified: 14 Dec 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35741

Actions (login required)

View Item View Item