Hubungan Perlakuan Orangtua dengan Penyesuaian Diri Siswa

Suci, Mutiara (2021) Hubungan Perlakuan Orangtua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_05_MUTIARA_SUCI_4685_17006017_2021.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penyesuaian diri merupakan kemampuan individu untuk membuat hubungan yang memuaskan dengan lingkungan, mencakup semua pengaruh kemungkinan dan kekuatan yang melindungi individu, yang dapat mempengaruhi kegiatannya untuk mencapai ketenangan jiwa dan raga dalam kehidupan. Kenyataan yang terjadi di lapangan masih ada sebagian siswa masih sulit dalam menyesuaikan dirinya dengan lingkungan baru terutama kelas X, karena siswa kelas X masih dalam tahap masa transisi dari tingkat sekolah menengah pertama ke tingkat sekolah menengah atas, jadi siswa tersebut masih sulit untuk menyesuaikan dirinya dengan lingkungan baru ataupun dengan teman sebayanya di lingkungan sekolah. Ketidakmampuan siswa dalam menyesuaikan diri ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah keluarga terutama orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perlakuan orangtua, penyesuaian diri siswa serta bagaimana hubungan perlakuan orangtua dengan penyesuaian diri pada siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan analisis korelasional dengan populasi 88 orang siswa SMAN 2 Kecamatan Bukik.Penarikan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling, sehingga sampel pada penelitian ini adalah sebanyak populasi yaitu 88 orang siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket perlakuan orangtua dan angket penyesuaian diri dengan menggunakan skala likert. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif dan untuk menguji hubungan kedua variabel digunakan rumus Pearson Product Moment Correlation dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20.0 for Windows.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) perlakuan orangtua berada pada kategori baik, (2) penyesuaian diri siswa berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan yang signifikan dengan tingkat hubungan tergolong lemah antara perlakuan orangtua dengan penyesuaian diri siswa dengan koefisien korelasi ≥ yaitu 0,278 ≥ 0,220 dan nilai signifikansi sebesar 0,009

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:00
Last Modified: 14 Dec 2021 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35736

Actions (login required)

View Item View Item