Evaluasi Pelaksanaan Ekstrakurikuler Basket di SMA Negeri 3 Kerinci

Bella, Artika Maya (2021) Evaluasi Pelaksanaan Ekstrakurikuler Basket di SMA Negeri 3 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ARTIKA_MAYA_BELLA_16087233_4596_2021.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan ekstrakurikuler basket di SMA Negeri 3 Kerinci. Evaluasi ini terdiri dari: 1. Evaluasi konteks meliputi: (a) program latihan yang seperti apa yang diberikan kepada siswa, (b) hakikat ekstrakurikuler terhadap masyarakat; 2. Evaluasi input meliputi: (a) minat dan motivasi siswa, (b) penunjang ekstrakurikuler, (c) kompetensi guru pembina/pelatih; 3. Evaluasi proses meliputi: (a) keaktivan siswa, (b) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, (c) evaluasi kegiatan ekstrakurikuler; 4. Evaluasi produk meliputi: hasil kegiatan ekstrakurikuler basket di SMA Negeri 3 Kerinci. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi program dengan model CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Kerinci pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler basket. Subyek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, 2 guru pembina/pelatih dan 25 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan angket. Untuk mengukur pilihan jawaban responden menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Kegiatan Ekstrakurikuler Basket di SMA Negeri 3 Kerinci secara umum dikategorikan baik. Hasil penelitian yang dibagi menjadi 4 aspek. Pertama, Aspek konteks dikategorikan sangat baik karena ketercapaian kuesioner kepala sekolah sebesar 87,5% dan kuesioner guru pembina/pelatih sebesar 82,29%. Kedua, Aspek input dikategorikan baik karena ketercapaian kuesioner kepala sekolah sebesar 85,42% , kuesioner guru pembina/pelatih sebesar 71,87% dan kuesioner siswa sebesar 86,0%. Ketiga, Aspek proses dikategorikan baik karena ketercapaian kuesioner kepala sekolah sebesar 85,94%, kuesioner guru pembina/pelatih sebesar 81,66% dan kuesioner siswa sebesar 87,27%. Keempat, Aspek produk dikategorikan baik karena ketercapaian kuesioner kepala sekolah sebesar 87,5% , kuesioner guru pembina/pelatih sebesar 82,81% dan kuesioner siswa sebesar 81%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EKSTRAKURIKULER BASKET
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Dec 2021 02:37
Last Modified: 13 Dec 2021 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35722

Actions (login required)

View Item View Item