Kontribusi Kekuatan Otot Lengan dan Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Kemampuan Renang 50 Meter Gaya Kupu-kupu Mahasiswa Renang Spesialisasi Jurusan Kepelatihan FIK UNP

Arivaldy, Arivaldy (2021) Kontribusi Kekuatan Otot Lengan dan Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Kemampuan Renang 50 Meter Gaya Kupu-kupu Mahasiswa Renang Spesialisasi Jurusan Kepelatihan FIK UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ARIVALDY_15087110_3642_2021.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kekuatan otot lengan dan dayaledak otot tungkai terhadap kemampuan renang 50 meter gaya kupu-kupu Mahasiswa Renang Spesialisasi Jurusan Kepelatihan FIK UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2021 di kolam renang FIK UNP Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa renang spesialisasi jurusan kepelatihan yang berjumlah 20 orang atlet. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling, maka sampel berjumlah 20 orang mahasiswa. Intstumen dalam penelitian ini menggnakan 1) lempar bola medicisne untuk mengkur kekuatan otot lengan, 2) standing broad jump test untuk mengukur dayaledak otot tungkai, dan tes Renang 50 Meter Gaya Kupu-Kupu untuk mengukur kemampuan Renang 50 Meter Gaya Kupu-Kupu. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda yang selanjutnya dilakukan uji determinasi untuk menentukan seberapa besar kontribusi antar variabel. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kekuatan otot lengan memberikan kontribusi terhadap Kemampuan Renang 50 Meter Gaya Kupu-Kupu Mahasiswa Renang Spesialisasi Jurusan Kepelatihan FIK UNP sebesar 78,09%. 2) Dayaledak otot tungkai memberikan kontribusi terhadap Kemampuan Renang 50 Meter Gaya Kupu-Kupu Mahasiswa Renang Spesialisasi Jurusan Kepelatihan FIK UNP sebesar 25,50%, 3) Kekuatan otot lengan dan dayaledak otot tungkai memberikan kontribusi secara bersama-sama terhadap Kemampuan Renang 50 Meter Gaya Kupu-Kupu Mahasiswa Renang Spesialisasi Jurusan Kepelatihan FIK UNP sebesar sebesar 78,50%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEKUATAN OTOT LENGAN
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Dec 2021 07:39
Last Modified: 10 Dec 2021 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35711

Actions (login required)

View Item View Item