Perbedaan Pemahaman Siswa Sekolah Menengah Atas Tentang Pendidikan Lanjutan Berdasarkan Jenis Kelamin dan Kela

Ayu, Armelia (2021) Perbedaan Pemahaman Siswa Sekolah Menengah Atas Tentang Pendidikan Lanjutan Berdasarkan Jenis Kelamin dan Kela. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_05_ARMELIA_AYUNI_3981_16006004_2021.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh individu yang memiliki pemahaman tentang pendidikan lanjutan yang baik akan mampu untuk memilih dan memutuskan pilihan pendidikan lanjutannya sendiri. Namun pada kenyataannya masih banyak individu yang belum memiliki pemahaman tentang pendidikan lanjutan. Tinggi rendahnya pemahaman pendidikan lanjutan siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah jenis kelamin dan kelas. Laki-laki dan perempuan, kelas X, XI, dan XII tentunya memiliki keterampilan, keunggulan, dan kelemahan dalam perihal pemahaman pendidikan lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman tentang pendidikan lanjutan berdasarkan jenis kelamin dan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 868 orang siswa SMA Negeri 15 Padang yang terdaftar pada semester Januari-Juni tahun ajaran 2021 dengan sampel penelitian sebanyak 274 orang siswa yang dipilih dengan teknik Stratifed Random Sampling dan Propotional Random Sampling yang terdiri dari 121 orang siswa laki-laki dan 153 orang siswa perempuan. Pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan instrumen pemahaman pendidikan lanjutan model skala likert dengan reliabilitas 0,960 . Kemudian Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis dengan statistik deskriptif dan analisis uji beda (T�test) dengan taraf signifikansi 5% (=0,05) Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pertama, pemahaman pendidikan lanjutan berdasarkan jenis kelamin berada pada kategori paham. Kedua, pemahaman pendidikan lanjutan berdasarkan kelas berada pada kategori paham. Ketiga, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman pendidikan lanjutan siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMA N 15 Padang. Keempat tidak terdapat perbedaan pemahaman pendidikan lanjutan antara siswakelas X dan XI; sementara antara kelas XI dan XII terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman mereka tentang pendidikan lanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Pendidikan Lanjutan, Jenis Kelam
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 10 Dec 2021 07:39
Last Modified: 10 Dec 2021 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35706

Actions (login required)

View Item View Item