Persepsi dan harapan siswa terhadap layanan BK di SMA Negeri 2 Padang

Ansari, Arima (2021) Persepsi dan harapan siswa terhadap layanan BK di SMA Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_05_ARIMA_ANSARI_1190_16006003_2021.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya siswa yang enggan berkonsultasi ke guru BK karena belum percaya sepenuhnya kepada guru BK dalam menyelesaikan permasalahan siswa, masih adanya siswa yang keluar masuk kelas ketika jam BK sedang berlangsung, masih adanya siswa yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing ketika guru BK memberikan materi layanan di depan kelas, masih adanya siswa yang beranggapan bahwa layanan yang diberikan oleh guru BK hanya untuk orang-orang yang bermasalah saja, masih adanya layanan BK yang belum terjalankan secara maksimal, masih adanya siswakurang mengetahui bentuk dan jenis layanan dari BK. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi dan harapan siswa terhadap fungsi layanan BK, tujuan layanan BK, waktu pelaksanaan layanan BK dan kepribadian konselor.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri 2 Padang yang berjumlah 1040 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 330 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket tentang persepsi dan harapan siswa terhadap layanan BK dengan model skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap layanan BK BK secara keseluruhan berada pada kategori baik dengan persentase 68,18%. Artinya sebagian siswa sudah memiliki persepsi yang baik terhadap fungsi dan tujuan layanan BK, namun masih terdapat siswa yang memiliki persepsi terhadap fungsi layanan BK dan tujuan layanan BK dengan kategori sangat baik, cukup baik, kurang baik dan tidak baik. Selanjutnya harapan siswa terhadap layanan BK di SMA Negeri 2 Padang secara keseluruhan berada pada kategori baik dengan persentase 62,42%. Artinya sebagian siswa sudah memiliki harapan yang baik terhadap waktu pelaksanaan layanan BK dan kepribadian konselor, namun masih terdapat siswa yang memiliki harapan terhadap waktu pelaksanaan layanan BK dan kepribadian konselor dengan kategori sangat baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 10 Dec 2021 07:39
Last Modified: 10 Dec 2021 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35705

Actions (login required)

View Item View Item