Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Penyajian Data di Kelas V Gugus I Pariaman Utara

Awaliyah, Zaini (2021) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Penyajian Data di Kelas V Gugus I Pariaman Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ZAINI_AWALIYAH_17129447_4746_2021.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar penyajian dataKelas V Gugus I Pariaman Utara. Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan desain penelitianQuasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling,dengan hasil dari beberapa pertimbangan didapatkan sampel siswa kelas V SDNegeri 10 Cubadak Air dan siswa kelas V SD Negeri 11 Cubadak Air Utara. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pendekatanPendidikanMatematikaRealistikterhadap hasil belajar penyajian data di kelas V Gugus I Pariaman Utara. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 2,3093 > 2,063899 Hasil belajar penyajian data yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol = 78,59 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 86,95. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:12
Last Modified: 09 Dec 2021 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35695

Actions (login required)

View Item View Item