Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking StickKelas IV SD Negeri 12 Padang Cupak Pesisir Selatan

Rahmi, Yuniza (2021) Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking StickKelas IV SD Negeri 12 Padang Cupak Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_YUNIZA_RAHMI_17129446_3000_2021.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum untuk peningkatkan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learningtipe Talking Stickdi kelas IV SDN 12 Padang Cupak Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas IV SDN 12 Padang Cupak Pesisir Selatandengan jumlah 32 orang peserta didik, 17 orang laki – laki dan 15 orang perempuan. Hasil penelitianpada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 81,94 % dalam kategori Baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 94,44% dalam kategoriSangat Baik (SB), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 83,33 % dalam kategori Baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 94,44% dalam kategoriSangat Baik (SB), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 83,33% dalam kategori Baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 94,44% dalam kategori Sangat Baik (SB).Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Talking Stickdapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu dikelas IV SDN 12 Padang Cupak Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:11
Last Modified: 09 Dec 2021 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35694

Actions (login required)

View Item View Item