Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kinemaster pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

Mayasari, Tirta (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kinemaster pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_TIRTA_MAYASARI_17129271_4796_2021.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis Kinemaster pada materi keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas Iv SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Brog and Grall yang telah disederhanakan oleh (Puslitjaknov, 2008) menjadi lima langkah yaitu analisis kebutuhan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respond dan angket soal. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli Bahasa, dan lembar validasi ahli media. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Angket soal terdiri dari soal siklus 1 pertemuan 1, soal siklus 1 peremuan 2 dan soal siklus 2 pertemuan 1 yang masing-masing siklus terdiri dari 20 soal. Subjek uji coba penelitian ini ada 27 peserta didik yang terdiri dari 13 laki-laki dan 14 perempuan dikelas IVD SDN 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas dengan kategori valid dengan persentase kevalidan 84,34%. Hasil angket respon guru dan peserta didik di sekolah bahwa media pembelajaran telah sanagt praktis dengan hasil angket respon guru dengan persentase kepraktisan 94% sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan persentase kepraktisan 92%. Hasil efektifitas media pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat efektif dengan persentase peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 93% meningkat dan ketuntasan 89%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Kinemaster pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD telah dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN BERBASIS KINEMASTER
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:11
Last Modified: 09 Dec 2021 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35690

Actions (login required)

View Item View Item