Pengaruh Penjelasan Guru Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 28 Padang

Rahmiga, Suci (2021) Pengaruh Penjelasan Guru Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 28 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_VIVI_RAHMADHANI_16003185_982_2021.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 28 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Quasy Experiment.Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Padang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol dan VIII.7 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal objektif sebanyak 20, kemudian data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian tersebut menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,53, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 67,65.berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,40 > 2,000 berarti terdapat perbedaan nilai hasil belajar yang signifikan pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 28 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:11
Last Modified: 09 Dec 2021 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35688

Actions (login required)

View Item View Item