Pengembangan Media Pembelajaran Kenal Kata Berbasis Augmented Reality Mengenal Kata bagi Anak Down Syndrome

Indri, Suci (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Kenal Kata Berbasis Augmented Reality Mengenal Kata bagi Anak Down Syndrome. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SUCI_INDRI_16003092_3692_2021.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya media pembelajaran mengenal kata bagi anak down syndrome. Di sekolah guru hanya menggunakan buku sebagai media pembelajaran mengenal kata untuk anak down syndrome. Sehingga suasana belajar menjadi kaku dan kelas menjadi bosan karena anak tidak antusias mengikuti jam pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran mengenal kata bagi anak down syndrome. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian dan pengembangan dengan desain penelitian Borg and Gall. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah oleh ahli terkait seperti ahli anak berkebutuhan khusus, ahli media pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan. Alat pengumpulan data berupa angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil dari uji coba produk yang dilakukan kepada HK anak down syndrome kelas VIII SLBN Kuansing adalah media yang berbasis augmented reality yaitu aplikasi kenal kata layak dan bergun menjadi media pembelajaran mengenal kata bagi anak down syndrome. Bentuk akhir dari produk ini berupa media pembelajaran kenal kata yang kemas dalam bentuk aplikasi android agar dapat dibuka dimanapun dan kapanpun secara mobile dan portabel melalui smartphone android.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AUGMENTED REALITY
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:11
Last Modified: 09 Dec 2021 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35686

Actions (login required)

View Item View Item