Kontribusi Optimisme Eks-Pekerja Seks Komersial terhadap Resiliensinya dalam Menjalani Rehabilitasi di Panti Sosial Karya Wanita Andam Dewi Sukarami Solok

Alhaitamy, Alhaitamy (2021) Kontribusi Optimisme Eks-Pekerja Seks Komersial terhadap Resiliensinya dalam Menjalani Rehabilitasi di Panti Sosial Karya Wanita Andam Dewi Sukarami Solok. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_05_ALHAITAMY_2149_16006109_2021.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh optimisme yang merupakan hal penting dan harus dimiliki oleh setiap individu, karena dengan optimisme yang tinggi akan memudahkan seseorang dalam mengembangkan dirinya, karena mereka percaya terhadap dirinya sendiri serta mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri, oleh sebab itu para Eks-PSK yang sedang menjalani rehabilitasi harus memiliki optimisme yang tinggi agar memudahkan mereka dalam meningkatkan resiliensinya dan memulai kehidupan yang lebih baru nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi optimisme Eks-PSK terhadap resiliensinya dalam menjalani rehabilitasi di PSKW Andam Dewi Sukarami Solok total sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang Eks�PSK yang sedang menjalani rehabilitasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Data dikumpulkan menggunakan angket optimism sebanyak 26 item valid dan angket resiliensi sebanyak 24 item valid dengan model skala Likert. Data diolah menggunakan teknik persentase dan regresi linier sederhana Adjusted R Square. Selanjutnya dilakukan pengujian normalitas dengan hasil signifikansi sebesar 0,200>0,005 sehingga data terdisttribusi normal, kemudian dilanjutnkan dengan uji linieritas dengan hasil Fhitung 0,923<Ftabel sebesar 4,09 sehingga data kedua variable dikatakan linier. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat optimisme yang dimiliki Eks-PSK berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 50%, (2) resiliensi Eks-PSK berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 55%. (3) Berdasarkan analisis koefisien determinasi (Adjustale R Square) terdapat kontribusi sebesar 54,7% antara optimisme Eks-PSK terhadap resiliensinya dan 45,% lainya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimisme, Resiliensi, Pekerja Seks Komersial
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:11
Last Modified: 09 Dec 2021 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35685

Actions (login required)

View Item View Item