Hubungan Antara Kinerja Pembelajaran Tutor Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Program Paket B Di SPNF Kabupaten Pasaman

Mukhlis, Sania Kasih (2021) Hubungan Antara Kinerja Pembelajaran Tutor Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Program Paket B Di SPNF Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_04_SANIA_KASIH_MUKHLIS_3437_17005188_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPA Program Paket B di SPNF Kabupaten Pasaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran kinerja pembelajaran tutor, melihat gambaran hasil belajar mata pelajaran IPA, dan melihat hubungan antara kinerja pembelajaran tutor dengan hasil belajar mata pelajaran IPA Program Paket B di SPNF Kabupaten Pasaman.Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah warga belajar Kelas VIII Program Paket B di SPNF Kabupaten Pasaman yang berjumlah 180 orang. Sampel diambil 25% dari populasi yaitu 45 orang dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan untuk teknik analisis data digunakan rumus persentase dan rumus product momentHasil penelitian ini menunjukan bahwa (a) kinerja pembelajaran tutor tergolong rendah, (b) Hasil Belajar mata pelajaran IPA program paket B di SPNFKabupaten Pasaman tergolong cukup dan, (c) terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kinerja pembelajaran tutor dengan hasil belajar mata pelajaran IPA Program Paket B di SPNF Kabupaten Pasaman. Disarankan kepada tutor mata pelajaran IPA agar dapat memperhatikan kinerja dalam proses pembelajaran sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang berkualitas demi meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA Program Paket B di SPNF Kabupaten Pasaman, kepada pengelola SPNF Kabupaten Pasaman agar dapat mendorong tutor untuk lebih mengoptimalkan kinerja pembelajaran demi tercapai tujuan pembelajaran Program Paket B di SPNF Kabupaten Pasaman, dan kepada peneliti lain agar dapat mengembangkan penelitian ini dengan variabel yang berbeda guna memperdalam kajian mengenai hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:10
Last Modified: 09 Dec 2021 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35681

Actions (login required)

View Item View Item