Hubungan Persepsi Orang Tua dengan Kontrol Penggunaan Telepon Pintar pada Remaja di Jorong Tanjung Munti Kabupaten Lima Puluh Kota

Suryani., Ririn (2021) Hubungan Persepsi Orang Tua dengan Kontrol Penggunaan Telepon Pintar pada Remaja di Jorong Tanjung Munti Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_04_RIRIN_SURYANI_2186_16005029_2021.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kontrol orang tua terhadap penggunaan telepon pintar pada remaja. Kurangnya kontrol orang tua dari segi pembatasan waktu, tuntutan orang tua dan sikap tegas orang tua terhadap penggunaan telepon pintar pada remaja. Hal ini dipengaruhi oleh kurang baiknya persepsi orang tua terhadap dampak telepon pintar bagi remaja. Penggunaan telepon pintar yang kurang terkontrol oleh orang tua akan menimbulkan berbagai dampak bagi remaja itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, dengan tujuan melihat hubungan antara persepsi orang tua variabel (X) dengan kontrol penggunaan telepon pintar pada remaja variabel (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua (Ibu) yang memiliki anak remaja usia 12-18 tahun di Jorong Tanjung Munti Kabupaten Lima Puluh Kota yang berjumlah 40 orang. Sampel diambil dengan menggunakan simple random sampling, diambil 80% dari jumlah populasi, jadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang. Pengumpulan datanya menggunakan kuesioner atau angket yang kemudian dianalisis menggunakan rumus presentase dan product momen. Hasil penelitian menunjukkan pertama, persepsi orang tua terhadap dampak telepon pintar ditemukan kurang baik atau kurang tepat dilihat dari segi pemahaman, tanggapan dan sikap orang tua. Kedua, kontrol orang tua terhadap penggunaan telepon pintar pada remaja ditemukan kurang atau rendahnya kontrol orang tua terhadap penggunaan telepon pintar pada remaja, dilihat dari segi pembatasan waktu, tuntutan orang tua, dan sikap tegas orang tua. Ketiga, terdapat hubungan signifikan antara Persepsi Orang Tua dengan Kontrol Penggunaan Telepon Pintar pada Remaja di Jorong Tanjung Munti Kabupaten Lima Puluh Kota. Semakin kurang baik persepsi orang tua maka semakin renadah kontrol orang tua terhadap penggunaan telepon pintar pada remaja dan begitu jugasebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, kontrol penggunaan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:10
Last Modified: 09 Dec 2021 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35679

Actions (login required)

View Item View Item