Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada Kemampuan Pengurangan 1-20 untuk Anak Tunagrahita Ringan

Ginting, Sofhia Miranda (2021) Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada Kemampuan Pengurangan 1-20 untuk Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SOFHIA_MIRANDA_GINTING_17003104_3942_2021.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pengurangan 1-20 untuk tunagrahita ringan di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik tunagrahita ringan di kelas V SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research dan jenis penelitian eksperimen dengan desain A-B-A. Pada desain A-B-A terdapat 3 kondisi yaitu baseline (A1), intervensi (B), dan baseline (A2). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan tes. Menggunakan alat pengumpulan data menggunakan frekuensi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis visual menggunakan grafik. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa kemampuan pengurangan peserta didik meningkat setelah diberikan intervensi menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan pengurangan 1-20 peserta didik untuk peserta didik tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:10
Last Modified: 09 Dec 2021 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35675

Actions (login required)

View Item View Item