Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3,5 dan 6 Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas IV SDN 040443 Kabanjahe Kabupaten Karo

Siregar, Siti Annisa (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3,5 dan 6 Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas IV SDN 040443 Kabanjahe Kabupaten Karo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SITI_ANNISA_SIREGAR_17129084_4646_2021.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Talking Stick di kelas IV SDN 040443 Kabanjahe Kabupaten Karo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2020/2021.Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV selaku pengamat (observer), peneliti selaku praktisi dan siswa kelas IV SDN 040443 Kabanjahe Kabupaten Karo yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 12 siswa laki – laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Dengan instrumennya berupa lembar observasi, lembar soal dan lembar pengamatan sikap dan keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan pada beberapa aspek, diantaranya : (1) persentase pengamatan RPP pada siklus I memperoleh 77,77% (baik) , pada pertemuan II menjadi 86% (baik), dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 94,44% (sangat baik). (2) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus 1 pertemuan I memperoleh persentase 75% (baik) , pada pertemuan II menjadi 84% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II 94% (sangat baik). (3) Aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan I memperoleh persentase 75% (baik), pada pertemuan II menjadi 84% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II 94% (sangat baik). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 1 nilai rata – ratanya 89% (sangat baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II 93,1% (sangat baik). Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL TALKING STICK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:09
Last Modified: 09 Dec 2021 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35674

Actions (login required)

View Item View Item