Konstribusi Minat Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Padang

Rahim, Abdul (2021) Konstribusi Minat Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_04_ABDUL_RAHIM_3485_17005142_2021.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Penelitiaan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Padang, diduga disebabkan oleh minat belajar dan lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran minat belajar, gambaran lingkungan belajar, dan gambaran hasil belajar, untuk mengetahui kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar, kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar, dan untuk mengetahui kontribusi minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta pelatihan. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi adalah peserta pelatihan BLK Padang periode 1 tahun 2021 pada 18 kejuruan yang berjumlah 288 orang peserta dengan teknik pengambilan sampel adalah cluster randdom sampling sebanyak 26% sehingga diperoleh sampel 74 orang. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan alat pengumpulan datanya berupa daftar pernyataan serta dokumentasi. Teknik analisis datanya pertama menggunakan persentase untuk melihat gambaran minat belajar, lingkungan belajar dan hasil belajar. kemudian dilanjutkan dengan rumus uji korelasi product moment untuk menguji hubungan antar variabel dan rumus ANOVA untuk menguji hubungan berganda antar variabel minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) gamabaran minat belajar dikategorikan rendah; 2) gambaran lingkungan belajar dikategorikan rendah; 3) gambaran hasil belajar didominasi oleh hasil belajar rendah dilihat dari hasil belajar 74 orang peserta didik di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Padang didominasi oleh penilaian hasil belajar pada kategori cukup. Ini dibuktikan dari nilai hasil belajar peserta pelatihan diantaranya sebanyak 11 orang memiliki nilai sangat tinggi, 21 orang dengan nilai tinggi, 24 orang memiliki nilai cukup dan 18 orang memiliki nilai rendah; 4) kontribusi minat belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar; 5) kontribusi lingkungan belajar berpengaruh negatif terhadap hasil belajar; 6) terdapat kontribusi yang signifikan antara minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Padang. Saran penelitian ini ditujukan untuk 1) pihak BLK diharapkan untuk meningkatkan lingkungan pelatihan yang sudah ada agar dapat lebih meningkatkan hasil belajar peserta pelatihan; dan 2) instruktur sebagai pengajar hendaknya mampu meningkatkan minat belajar yang dimiliki oleh para peserta, sehingga nantinya minat belajar tersebut dapat memberikan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BLK, minat belajar, lingkungan belajar dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Dec 2021 01:35
Last Modified: 08 Dec 2021 01:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35665

Actions (login required)

View Item View Item