Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP

Fauziah., Muthia (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_03_MUTHIA_FAUZIAH_3982_17004061_2021.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang maksimalnya penggunaan teknologi sebagai media dalam membantu proses pembelajaran di SMP Negeri 39 Padang. Selain itu, media yang digunakan juga masih kurang bervariasi, terutama untuk materi yang bersifat prosedural. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia interaktif sesuai prosedur pengembangan dengan menggunakan standar kriteria kevalidan dan kepraktisan sehingga menjadi suatu multimedia interaktif yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari beberapa tahapan yaitu: analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah berupa produk multimedia interaktif berbasis android yang dibuat menggunakan aplikasi Smart Apps Creator untuk mata pelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP. Uji praktikalitas diujicobakan pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 39 Padang Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penilaian dari validator materi dinyatakan “sangat valid” dengan skor total sebesar 90 dan persentase sebesar 94,74%. Penilaian dari validator media dinyatakan “sangat valid” dengan rata�rata skor sebesar 85,5 dan persentase sebesar 95%. Sedangkan penilaian dari peserta didik dinyatakan “sangat praktis” dengan rata-rata skor sebesar 103 dan persentase sebesar 89,57%. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka kesimpulan dari multimedia interaktif IPA yang dikembangkan “layak digunakan”dalam proses pembelajaran. Disarankan peneIiti seIanjutnya dapat mengembangkan media ini lebih interaktif, efektif, menarik serta dapat melanjutkan ke tahap uji efektifitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Android, Smart Apps Creato
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Dec 2021 01:34
Last Modified: 08 Dec 2021 01:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35658

Actions (login required)

View Item View Item