Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 02 Jambak Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Dasmianti, Pepi (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 02 Jambak Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_PEPI_DASMIANTI_17129162_4845_2021.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SDN 02 Jambak Pasaman. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 02 jambak Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik Kelas IV SDN 02 Jambak Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Instrumen penelitian yangdigunakan adalah lembar penilaian RPP, lembar observasi, lembar tes (soal evaluasi), dan lembar nontes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil penelitian yaitu pada: a) RPP siklus I 80.68% dan siklus II 93.18%, b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I 79,68% dan siklus II 90,625%), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I 78,12%, dan siklus II 90,625%, c) Penilaian hasil belajar peserta didik di siklus I diperoleh rata-rata 71,71 dengan persentase 47,37% dan siklus II rata-rata 82,94 dengan persentase 49,94%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian maka dapat disimpulkanbahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:46
Last Modified: 07 Dec 2021 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35635

Actions (login required)

View Item View Item